Mengenal Red Square di Moskow, Tempat Ridwan Kamil Jogging

Moskow – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat kunjungan ke Moskow, Rusia, sempat jogging di Red Square atau Lapangan Merah. Tempat apa sih ini sebenarnya?

Orang nomor 1 di Jawa Barat ini diketahui cukup aktif di Instagram. Dilihat detikTravel dari laman Instagramnya, Kamis (18/10/2018), Kang Emil saat ini tengah berada di Moskow, Rusia untuk menghadiri West Java Investor Forum.

Lewat forum tersebut, Kang Emil menawarkan aneka peluang investasi di Jawa Barat termasuk pariwisata pada para investor Rusia 5 tahun ke depan.

Menariknya, sebelum menghadiri forum Kang Emil menyempatkan diri untuk melakukan jogging pagi di Lapangan Merah atau Red Square yang ikonik di Moskow. Apa sih yang membuatnya begitu spesial?

Mengenal Red Square di Moskow, Tempat Ridwan Kamil JoggingKang Emil menyempatkan jogging sebelum acara (ridwankamil/Instagram)

Bagi traveler pecinta sejarah, Red Square menjadi saksi bisu dari sejarah panjang politik Rusia. Tak kalah pentingnya dengan Kremlin yang kini telah beralih fungsi jadi kediaman resmi Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Secara arti nama Red Square berasal dari kata Karsnyi yang berarti indah. Namun, berarti merah dalam kontemporari Rusia. Tak ada kaitannya dengan ideologi Komunis atau warna bangunan di sana.

Mundur ke abad-14, Red Square merupakan kawasan kumuh yang berada di bawah Tembok Kremlin. Sebagaimana kondisi saat itu, pengamen, kriminal hingga orang mabuk banyak dijumpai di sana.

Mengenal Red Square di Moskow, Tempat Ridwan Kamil JoggingRed Square, saksi bisu politik dan sejarah Rusia (Resha/detikTravel)

Barulah pada tahun 1400 di bawah Ivan III, kawasan tersebut mulai ‘dibersihkan.’ Namun, tetap saja jadi tempat kumpul penjahat hingga tempat eksekusi publik. Tak ada aturan di Red Square saat itu.

Nama Red Square pun baru resmi disematkan pada pertengahan abad ke-17, menggantikan nama ‘Fire Square’ dan Trinity Square. Adapun, Red Square juga jadi tempat parade militer yang menunjukkan wibawa pasukan Soviet di mata dunia kala itu.

Hanya saja, fungsi Red Square sebagai tempat parade militer mulai hilang usai Perestroika. Fungsinya pun beralih menjadi tempat konser rock, musik klasik, festival hingga fashion berkelas dunia.

Mengenal Red Square di Moskow, Tempat Ridwan Kamil JoggingLandmark di Red Square Moskow (Novi Kusumayanti/d’Traveler)

Setiap awal tahun, Red Square juga jadi venue utama penghitungan momen Tahun Baru. Dimeriahkan oleh kembang api dan pesta meriah, tak terhitung berapa banyak turis yang datang.

Bagi para turis, Red Square pun telah menjadi objek wisata wajib kunjung apabila liburan ke Moskow. Traveler juga bisa mengagumi sejumlah bangunan bersejarah khas Rusia yang tersebar di sekitar Red Square. Istilahnya, belum ke Rusia kalau belum ke Red Square! (rdy/fay)