Makam Kuno Berusia 4.000 Tahun Ini akan Dibuka Buat Turis

Kairo – Setelah ditemukan sekitar 80 tahun lalu, makam kuno berusia ribuan tahun yang sarat sejarah di Mesir akhirnya dibuka untuk publik. Turis pun boleh berkunjung.

Tomb of Mehu atau makam Mehu bertempat di komplek pemakaman kuno Saqqara, Mesir. Lokasinya tak jauh dari kawasan Giza. Makam Mehu ini berusia 4.000 tahun. Mehu merupakan pejabat tinggi yang hidup pada masa pemerintahan Raja Titi di dinasti keenam.

Dilansir detikTravel dari CNN, Rabu (17/10/2018), Tomb of Mehu awalnya ditemukan tahun 1940 oleh ahli sejarah Mesir kuno Zaki Saad. Namun makam ditutup untuk umum karena perlu dilakukan restorasi.

Setelah restorasi usai, makam pun siap dibuka untuk wisatawan. Berbagai sisi area makam dibenahi, namun tentunya tidak merubah bentuk aslinya.

Tomb of Mehu yang menjadi destinasi wisata baru ini disebut sebagai salah satu makam yang terindah di Saqqara. Saat berkunjung kemari, traveler pun bisa sekaligus kenal lebih dekat dengan sejarah Mesir.

Di sini terdapat tembok penuh warna yang dihiasi gambar-gambar kuno, yang menggambarkan kehidupan masyarakat Mesir di masa lampau. Termasuk pula gambar aktivitas berburu, memancing, memasak dan berdansa.

BACA JUGA: Jalur Trekking Pertama Manusia Ada di Mesir?

Tak hanya makam Mehu, ada pula makam anak Mehu dan cucunya. Memang terdapat lorong panjang dengan 6 ruangan di area pemakaman ini. Cukup banyak area yang bisa dijelajahi.

Makam Mehu hanya salah satu dari sekian banyak objek wisata sejarah lainnya di komplek pemakaman kuno Saqqara. Kawasan Saqqara memiliki banyak makam dan piramida yang ukurannya lebih kecil dari Piramida Giza.

Rencananya, akan ada lagi sejumlah makam kuno yang dibuka untuk wisatawan. Mesir kini memang tengah gencar mengembangkan sektor pariwisatanya. Pada Agustus 2018, Tourism Highlights Report dari PBB menyebut Mesir sebagai destinasi wisata yang paling cepat berkembang di tahun 2017, dengan peningkatan kunjungan turis asing mencapai 55,1%.

Tonton juga ‘Langka! Ada Makam Kuno di Bawah Laut’:

[Gambas:Video 20detik]

(wsw/fay)