Daerah Rawan di Jayapura Ini Diubah Jadi Kafe Gaul Kekinian

Jayapura – Keindahan alam Papua masih terjaga. Kota Jayapura kini punya destinasi wisata kekinian yang dulunya malah tempat rawan kejahatan.

Tak hanya wisata alamnya yang bikin Jayapura patut dikunjungi. Adalah Cafe Payung yang berada di daerah Angkasapura, Distrik Jayapura Utara contohnya.

Ada banyak spot panorama di daerah Angkasa Jayapura ini. Di antaranya Anda dapat melihat ke indahan alam Kota Jayapura dari atas ketinggian, serta birunya Laut Pasifik. Tak hanya itu, bila cuaca cerah dapat pula dilihat deretan pegunungan yang ada di Papua Nugini (PNG).


Menurut pemilik kafe, Selfiana Imbiri, dibangunnya tempat ini dikarenakan pada awalnya tempat ini merupakan salah satu tempat di daerah Angkasa yang diangap rawan kejahatan dan sering terjadi pencurian, pembunuhan hingga pemerkosaan. Namun, setelah ada tempat wisata ini banyak pengunjung yang datang sehingga tempat ini menjadi aman dan oleh pemerintah telah dipasangi lampu penerangan jalan.

Daerah Rawan di Jayapura Ini Diubah Jadi Kafe Gaul KekinianPuluhan payung yang sudah diatur menjadi hiasan (Istimewa/Rio Irwansyah)

“Di tahun 2013 tempat di sini tidak aman karena banyak perampokan, pemerkosaan. Sehingga kita masuk tingal di sini dan membangunnya menjadi ramai. Tujuannya itu bukan untuk mencari keuntungan tetapi bagaimana kita buat tempat yang dulunya rawan jadi aman untuk semua masyarakat yang lewat jalur pasir dua,” kata Selfiana, Minggu (14/10/2018).

Sementara, para pengunjung Cafe Payung didominasi masyarakat Jayapura sendiri. Ada pula beberapa kali wisatawan dari luar kota bahkan luar negeri, yakni Jakarta, Jerman dan Papua Nugini hanya untuk melihat keindahan Kota Jayapura. Sebagai masyarakat asli Papua, Sefiana juga berharap pada pemerintah agar memperhatikan usahanya karena dapat membantu anak-anak sekolah yang membutuhkan biaya dengan bekerja di tempatnya.

Daerah Rawan di Jayapura Ini Diubah Jadi Kafe Gaul KekinianKontestan Putri Indonesia 2015 asal Papua, Olvah Alhamid Bwefar (Istimewa/Rio Irwansyah)

Kontestan Putri Indonesia 2015 asal Papua, Olvah Alhamid Bwefar pun kepincut dengan Cafe Payung. Ia datang bersama ibu dan adik adiknya.

“Cafe Payung Jayapura ini adalah salah satu destinasi yang patut dikunjungi baik warga Jayapura maupun dari luar kota untuk menghabiskan waktu bersama sanak saudara dan teman temannya. Di lokasi ini juga bisa menyaksikan indahnya kota, hamparan pegunungan hingga birunya lautan,” jelasnya.

Sebagian besar pengunjung yang datang ke tempat ini lebih memilih duduk-duduk di luar dengan alam terbuka beratapkan puluhan payung yang sudah diatur menjadi hiasan. Payung-payung aneka warna dan berbagai motif ini pun melayang-layang saat tertiup angin.

Pasti lebih nikmat jika didampingi hidangan es kelapa muda, pisang goreng, sukun goreng, singkong goreng, dan nasi goreng. Di tempat ini para pengunjung juga dapat swafoto ria dengan latar belakang panorama alam Papua. (msl/fay)