Mungkin Cuma di Tempat Ini, Ada Gurun Berasap

Reykjavik – Gurun identik dengan nuansa kering dan berpasir. Namun, di Islandia ada gurun yang berasap layaknya orang merokok.

Berlokasi di sisi Utara Islandia atau 6 jam perjalanan darat dari Reykjavik, traveler bisa melihat Gurun Namafjall yang memiliki fenomena tak biasa.

Dilihat detikTravel dari situs resmi Visit North Iceland, Sabtu (13/10/2018), gurun itu bisa dibilang berbeda karena mengeluarkan asap. Kok bisa?


Sekilas melihat, lanskap Gurun Namafjall disebut banyak orang mirip dengan gambaran di film alien. Namun, pemandangan gurun yang kering itu perlahan menjadi makin mirip film Sci-Fi ketika didekati.

Alasannya, tiba-tiba traveler bisa melihat kepulan asap dari tengah gurun. Tidak, itu bukan fatamorgana melainkan fenomena alam yang ada di Gurun Namafjall.

Area ini kaya akan panas bumi (Visit North Iceland)Area ini kaya akan panas bumi (Visit North Iceland)

Hanya perlu diketahui, asap itu bukanlah uap air melainkan gas belerang dan karbon dioksida yang bisa berbahaya untuk kesehatan apabila dihirup langsung.

Mungkin nuansanya tak jauh berbeda dengan ketika traveler berkunjung ke Tangkuban Perahu atau Kawah Putih di Bandung. Bau belerangnya cukup kuat dan mendominasi.

Oleh sebab itu, traveler pun diimbau menggunakan masker apabila ingin berkunjung ke sana. Boleh dibilang, inilah gambaran Mars di bumi.

Selain bisa melihat fenomena gurun berasap di Gurun Namafjall, traveler juga bisa mendaki pegunungan yang ada di sekitarnya. Ajaib sekali ya! (wsw/aff)