Dear Warga Tangsel, Sayangilah Jejak Sejarah Daan Mogot di BSD Ini

Tangerang Selatan – Tangerang Selatan adalah kota satelit warga komuter. Tapi di sana ada jejak sejarah perjuangan Daan Mogot yang harus disayang warganya.

Adalah Monumen Palagan Lengkong, atau yang sering disebut Monumen Lengkong di Tangerang Selatan. Bangunan ini dibuat pada tahun 1993, untuk mengenang peristiwa Lengkong yang menewaskan 34 taruna dan 3 perwira, yakni Mayor Daan Mogot, Lettu Soebianto dan Lettu Soetopo.

Di sebelah monumen, ada sebuah rumah kecil yang terlihat tua. Di depannya, terlihat tulisan ‘Cagar Budaya Palagan Lengkong’. Lengkap dengan logo Pemda Tangerang dan sejarah mengenai tempat tersebut.


Sayang seribu sayang, monumen yang berlokasi di sebuah taman bernama Taman Daan Mogot ini sepi pengunjung. Bahkan, saat detikTravel berkunjung Rabu (10/10/2018) siang, hanya ada petugas kebersihan.

Taman Daan Mogot (Shinta/detikTravel)Taman Daan Mogot (Shinta/detikTravel)

Di rumah kecil tua itu, setiap harinya tertutup dan terkunci. Menurut Hamdan, petugas kebersihan, kunci itu dipegang oleh anggota TNI.

“Rumah ini setiap harinya terkunci, kuncinya punya anggota (Militer). Jadi nggak terbuka setiap hari,” ujarnya pada detikTravel.

Menurut Hamdan, rumah itu tidak berisi. Namun, dari luar lingkungannya sering dibersihkan.

“Nggak ada isinya. Coba aja melongok, kosong,” tambahnya.

Informasi cagar budaya (Shinta/detikTravel)Informasi cagar budaya (Shinta/detikTravel)

Hamdan menambahkan, rumah tersebut memang terbuka di saat-saat tertentu. Seperti pada peringatan peristiwa Lengkong 21 Januari.

“Kalau bulan Januari itu suka diletakkan foto-foto, dibuka untuk beberapa orang-orang penting. Nah, kalau itu baru ramai suka ada acara,” ucapnya.

Dalam beberapa referensi yang ditelusuri detikTravel, rumah ini adalah bekas markas tentara Jepang yang dilucuti senjatanya oleh pasukan Daan Mogot pada 25 Januari 1946. Namun ada insiden senjata yang berujung dengan baku tembak. Daan Mogot dan pasukannya gugur.

Daan MogotDaan Mogot (Dok. Ilustrator detikcom)

Meskipun sepi pengunjung saat didatangi, tetapi menurut Hamdan biasanya ada sejumlah traveler yang berasal dari Jakarta mengunjungi monumen Palagan Lengkong.

Lokasi Monumen Palagan Lengkong sebenarnya cukup strategis. Di jantung kota BSD, dekat Mc Donald’s BSD Plaza tepatnya Jalan Raya Pagedagan, Lengkong Kulon BSD.

Padahal, ini bisa jadi potensi pariwisata yang ada di tengah kota Mandiri BSD City. Sudut wilayah tersebut terkenal dengan bangunan-bangunan modern yang asyik untuk rekreasi. Jika saja, lebih dikemas dengan baik dan promosi yang mumpuni, pasti bisa jadi wisata sejarah akhir pekan yang seru.

Monumen Lengkong (Shinta/detikTravel)Monumen Lengkong (Shinta/detikTravel)

Tonton juga ‘Monumen Potlot yang Tak Banyak Diketahui Generasi Jaman Now’:

[Gambas:Video 20detik]

(sna/fay)