Mengintip Indahnya Pantai Lagoi di Pulau Bintan

Lagoi – Keindahan alam Pulau Bintan memang jadi favorit wisatawan domestik maupun asing. Salah satu destinasinya yaitu Pantai Lagoi yang eksotis.

Pantai Lagoi di Pulau Bintan Provinsi Kepri namanya sudah lama tersohor di dunia internasional. Pantainya yang berada sejajar di Selat Malaka itu ramai dikunjungi wisatawan asing lewat pintu masuk Singapura.

Akhir pekan lalu, detikTravel mengunjungi kawasan wisata Pulau Bintan. Dari Pekanbaru, menggunakan penerbangan dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru menuju Bandara Hang Nadim, Batam.


Dengan penerbangan selama 45 menit, sudah menginjakkan kaki di Pulau Batam. Dari Bandara Hang Nadim, menggunakan taksi menuju ke Pelabuhan Telaga Punggur. Di pelabuhan ini merupakan tempat penyeberangan ke Pulau Bintan.

Dari Batam ke Pulau Bintan, ada dua lokasi tempat bersandarnya kapal. Ada yang menuju ke Kota Tanjungpinang, sebagai ibu kota Provinsi Kepri dengan waktu tempuh dengan kapal ferry sekitar 1 jam.

Mengintip Indahnya Pantai Lagoi di Pulau BintanFoto: (Chaidir Anwar Tanjung/detikTravel)

Alternatif kedua, menuju ke pelabuhan Bulan Linggi Tanjung Uban Kec Bintan Utara. Waktu tempuhnya lebih pendek hanya 15 menit dengan speadboad alias kapal cepat dari Batam. Saat itu memilih jalur cepat turun di Tanjung Uban.

Dari Tanjung Uban ke kawasan Pantai Lagoi, membutuhkan waktu sekitar 45 menit jalur darat. Tidak ada kendaraan umum menuju ke kawasan pantai itu. Tapi jangan ragu, bila anda berkunjung dengan rombongan lewat agen travel, tentunya bus akan disediakan. Kalaupun tanpa agen, anda juga bisa sewa mobil untuk mengantarkan ke kawasan pantai.

Kali pertama bagi detikTravel sore itu menapakan kaki di kawasan Lagoi. Masuk lewat kawasan resort I yang masih bebas masuk walau kita tidak menginap di sana.

Menuju ke kawasan pantai, kita akan melewati pintu gerbang yang dijaga pihak pengelola. Cukup menunjukan kartu identitas, traveler akan dipersilahkan masuk. Kawasan semak belukar dengan pohon yang masih rindang, menjadi pemandangan indah sebelum sampai ke kawasan pantai.

Dari pintu gerbang, hanya sekitar 15 menit dengan melawati hotel sudah sampai ke tempat tujuan. Kawasan pantai Lagoi terlihat apik, walau hempasan ombaknya tidak terlalu kencang. Pantai berpasir bak umumnya kawasan wisata lainnya, saat itu tengah surut.

Mengintip Indahnya Pantai Lagoi di Pulau BintanFoto: (Chaidir Anwar Tanjung/detikTravel)

Dari tepi pantai, terlihat ada pulau di seberang. Bebatuan nampak nongol di tengah laut. Di tepi pantai para wisatawan asing dan lokal terlihat mengitari lokasi itu.

Di kawasan itu tersedia tempat berbelanja, dan objek untuk selfie. Tulisan raksasa Lagoi Bay dengan warna warni menjadi andalan para pengunjung sebagai momen kenang-kenangan pernah singgah di sana.

Di tepi pantai, sejumlah pohon kelapa menjulang tinggi menambah keindahan tersendiri. Anak-anak bermain di pantai yang sedikit lebih nyaman karena ombaknya yang tidak terlalu besar. Laut ini membiru menghadap negera jiran.

“Baru kesampaian ke Lagoi, pantainya yang indah. Tapi sayangnya belum sempat menjelejahi semua kawasan pantainya,” kata staf Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Rozita yang berlibur di kawasan Lagoi.

Kawasan pantai Lagoi lainnya memang tidak sebebas lokasi pertama ini. Ada kawasan pantai dengan fasilitas hotel berbintang, anda hanya diizinkan masuk bila menginap di sana. Tanpa menginap, jangan harap anda bisa mengintip kawasan pantainya. Satu sisi, rata-rata harga penginapan di kawasan Lagoi cukup mahal dirasakan masyarakat pada umumnya.

Kawasan resort di Lagoi, merupakan objek wisata yang dikelola invesor asing, terutama dari Singapura. Turis asing, memasuki kawasan Lagoi dari Singapura yang menyeberang langsung dengan kapal Fery atau Speed boat. (rdy/aff)